Pentingnya Membaca

Senin, 09 November 2009

Setiap orang pasti suka membaca, medianya pun dapat bermacam-macam seperti buku, majalah, koran, atau bahkan bacaan yang berasal dari internet sekalipun (e-book, artikel, dll). Mengapa kita suka membaca? Menurut saya, itu terjadi karena sifat dasar manusia yang selalu ingin tahu tentang segala sesuatu yang belum mereka ketahui sebelumnya, ditambah lagi, manusia selalu haus akan ilmu dan pengetahuan. Dengan cara membaca itulah kita dapat mendapat pengetahuan tentang hal-hal yang tidak kita ketahui sebelumnya, maka tak heran jika ada istilah "buku jendela dunia".

Biasanya orang tua selalu menyuruh kita untuk membaca bacaan yang bermanfaat seperti buku pelajaran, biografi, dan lain-lain yang bersifat edukatif, Sedangkan bacaan yang bersifat hiburan seperti komik, novel, dan majalah terkadang mereka anggap sebagai bacaan yang "kurang mendidik". Tak jarang ada orangtua yang melarang anaknya membaca buku seperti itu dengan alasan kurang memberikan manfaat bagi anak-anaknya.

Saya kurang setuju dengan anggapan tersebut, karena semua bacaan pada hakikatnya pastilah memiliki manfaat walaupun kadarnya tak sama, bahkan komik, novel, dan majalah pun ternyata bisa bermanfaat jika kita lihat dari sudut pandang berbeda. Misalkan dengan membaca komik berbahasa asing, secara tidak langsung kita akan mempelajari bahasa asing dalam komik tersebut yang lalu akan berguna bagi kita dikemudian hari, bahkan dari segi cerita pun kita dapat memetik hal-hal baru yang belum tentu kita dapatkan di buku pelajaran. Ada beberapa komik yang secara tersurat mengajarkan tentang arti persahabatan dan makna kehidupan, walaupun ceritanya dikemas secara ringan atau terkadang malah terkesan komedi, tetapi pesan moral yang terdapat dalam komik tersebut sangat sarat makna. Dalam majalah pun terkadang banyak terkandung hal-hal baru yang dapat kita jadikan sebagai acuan dalam hidup kita seperti kisah-kisah orang sukses atau kisah-kisah perjuangan kehidupan yang dapat menjadi inspirasi bagi kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Mulai dari sekarang marilah kita mulai budayakan membaca sejak dini. Bacalah berbagai jenis bacaan, jangan hanya terpaku dengan satu jenis bacaan, karena dengan begitu wawasan kita akan hal-hal yang baru dapat bertambah, dan pola berpikir kita pun akan menjadi lebih "terbuka" dari sebelumnya. Trust me, it works !

0 komentar:

Posting Komentar

Shout Here !