Cyber and Me

Kamis, 20 Agustus 2009

Dunia maya atau cyber sekarang ini nampaknya sudah tidak bisa lagi dipisahkan dari hidup kita ini, termasuk dalam hidup saya tentunya (hehe)... Saya pertama kali mengenal dunia cyber sejak tahun 2004, pada saat itu hanya sebatas kepentingan download content seperti ringtone, wallpaper, games, dll. Nah, barulah beberapa tahun berikutnya saya mulai mengenal yang namanya browsing, chatting, hingga blogging seperti sekarang ini... Karena saking seringnya online, pemakaian pulsa pun sangat boros (pernah menghabiskan 25rb dalam 1 hari cuma buat chatting saja!) tapi karena pada saat itu dunia cyber masih tergolong baru dan saya pun menikmatinya, jadi saya cuek saja walaupun pulsa boros hehehe... Apalagi karena chatting saya pun jadi mendapat beberapa teman baru yang sampai sekarang masih menjadi sahabat di dunia cyber... Tapi lama-lama saya jenuh juga berkutat dengan dunia chatting tersebut, maka mulailah saya menguranginya walaupun tidak sepenuhnya dikurangi...

Lalu muncullah friendster dan facebook yang dalam sekejap langsung booming. Saya ikut-ikutan membuat account kedua situs jejaring sosial tersebut, kalau di kedua situs ini saya lebih suka berinteraksi dengan orang yang telah saya kenal sebelumnya di real atau dunia sebenarnya, kalaupun ada yang tidak kita kenal paling hanya beberapa, itu pun tak lebih hanya sebatas teman untuk sharing tentang apapun di dunia maya, tidak lebih! karena saya tidak mau memilih kucing dalam karung :p

Sejauh ini, saya tidak terlalu merasakan efek negatif akibat berhubungan dengan dunia cyber (selain boros pulsa tentunya), dan jika cyber tersebut benar2 dimanfaatkan untuk sarana menambah pengetahuan, hiburan, atau apapun selama penggunaannya tidak bersifat merusak maka menurut saya sih itu sah-sah saja, asal kita jangan lupa dengan dunia yang sebenarnya.. Yaa pokoknya harus balance lah!

Setiap hal pasti diciptakan dengan 2 sisi yang berbeda, tinggal kita sendiri yang menentukan sisi mana yang akan kita pilih apakah itu baik ataupun buruk.. Intinya adalah manfaatkanlah sebaik mungkin hal tersebut (dunia maya/cyber) sebagai bagian dari hidup kita tetapi dalam porsi yang seimbang tentunya, karena bukan tidak mungkin kan gara-gara kita sering online, kita akan mendapat inspirasi dalam berkarya dan melakukan berbagai hal lainnya seperti orang2 yang membuat situs facebook, friendster, dll terbukti kan mereka bisa sukses jika mereka benar2 memanfaakannya dengan sangat baik?? Begitupun dengan kita apabila kita menggunakannya dengan baik, pastilah akan mendatangkan manfaat...

Disini saya tidak bermaksud menggurui, tetapi saya hanya sekedar ingin sharing saja mengenai hal-hal yang ada di dalam otak ini :) and i just wanna say : dunia cyber boleh saja, tetapi jangan sampai kamu melupakan duniamu yang sesungguhnya yaitu dunia nyata ini.. Berkaryalah di dunia sebagaimana kamu berkarya di cyber hehe...

0 komentar:

Posting Komentar

Shout Here !