Hidup Adalah Pilihan

Senin, 06 Juli 2009

Hidup adalah pilihan. Mengapa saya berkata demikian? Karena pada dasarnya di dalam jiwa kita terdapat dua hal yang saling berlawanan satu sama lain yakni sifat terpuji dan sifat tidak terpuji. Kedua sifat inilah yang harus dan akan kita pilih dalam menjalani kehidupan, apakah kita akan memilih kehidupan dengan jalan yang baik atau malah sebaliknya malah cenderung ke arah tidak baik? Itulah tantangannya, bagaimana agar kita bisa hidup di jalan yang benar tanpa melakukan hal-hal yang dilarang, baik itu yang dilarang oleh agama maupun hukum. Tentunya hal tersebut tidaklah mudah karena kita sebagai manusia mempunyai kecenderungan untuk melakukan sifat-sifat yang tidak terpuji seperti berbohong, melawan orang tua, mencuri, dan lain-lain.


Kecenderungan manusia untuk berbuat tidak terpuji tidak lain karena manusia adalah makhluk yang dianugerahi akal, pikiran, perasaan, dan hawa nafsu sehingga membuat kita terkadang ingin melakukan hal-hal diluar batas kewajaran seperti telah disebutkan diatas. Jadi, bagaimana caranya agar kita dapat dijauhkan dari hal-hal yang seperti itu? Yang terpenting ialah bagaimana kita bisa meminimalisir perbuatan tidak terpuji tersebut dengan cara lebih sering lagi melakukan introspeksi diri terhadap apa yang telah kita lakukan sebelumnya dan lebih banyak lagi melakukan perbuatan baik dalam berbagai cara yang tentunya anda sendiri pun tahu apa yang harus diperbuat. Karena saya yakin tidak ada manusia yang diciptakan sempurna, tetapi banyak cara untuk membuatnya menjadi lebih baik. Dan satu lagi yang tidak kalah penting yaitu Berdoa dan meminta petunjuk kepada-Nya agar selalu dibukakan jalan kebenaran supaya kita tidak tersesat di jalan kemaksiatan.

Semoga tulisan amatir ini dapat menjadi pelajaran bagi saya, anda, dan kita semua mengenai bagaimana kita menjalani hidup hehe... Bagi yang tidak sependapat dengan saya pun tak apa, itu adalah pilihan mereka. Mengapa? Karena hidup adalah untuk memilih! :D

0 komentar:

Posting Komentar

Shout Here !