Judging Somebody

Kamis, 16 Juli 2009

"Don't Belittles Somebody by its Appearance"

Mungkin kalian semua belum pernah mendengar sebelumnya peribahasa yang saya buat sendiri ini hehe.. Artinya sederhana, "Jangan meremehkan seseorang hanya dari penampilannya". Ya, itulah yang kita kadang2 selalu kita lakukan, meremehkan seseorang hanya melihat penampilan luarnya saja tanpa melihat potensi yang ada dalam diri mereka, padahal belum tentu kita sendiri lebih baik dari mereka yang selalu kita anggap sebelah mata.

Banyak contoh dalam kehidupan sehari-hari kita yang berkaitan dengan peribahasa diatas, misalkan saja ada seorang anak di sebuah sekolah yang penampilannya tampak "berbeda" dari anak yang lainnya, kemudian karena suatu hal tersebut kita jadi memandang mereka sebagai orang yang aneh atau sebangsanya dan pasti yang ada di benak kita adalah "ah, bisa apa sih dia!" atau "ah, orang aneh kayak dia mana bisa sih!" padahal belum tentu lho apa yang kita pikirkan selalu sama dengan kenyataannya. Bisa jadi orang tersebut berpenampilan beda hanya karena ingin menampilkan dirinya yang sesungguhnya dalam artian bebas berekspresi tanpa mengikuti trend-trend yang ada. Mungkin malah dia pintar dalam bidang sains seperti fisika, matematika, atau malah olahraga seperti basket ataupun sepakbola dan itu sama sekali tidah terlihat dari penampilan luarnya! Sebenarnya masih banyak contoh lain dalam hal seperti ini bahkan dalam dunia entertainment pun seringkali terjadi seperti sebuah band (yang tidak perlu disebutkan namanya). ketika pertama kali muncul pasti orang-orang berpikir negatif dari berbagai sisi tentang band ini hanya karena penampilan mereka yang terkesan (maaf) ndeso, atau bahkan agak kampungan. Tetapi setelah mendengar musiknya, hampir semua orang menyukainya kan? Bahkan mereka yang tadinya menghujat pun pada akhirnya menyukai musik2 mereka. Itu membuktikan bahwa penampilan luar tidak lah terlalu penting dibandingkan apa yang ada didalam diri mereka.

Maka dari itu teman, mulai dari sekarang marilah kita semua (termasuk saya) untuk tidak menilai seseorang hanya dari penampilan luar semata, lihatlah mereka dari berbagai sisi karena siapa tahu ternyata mereka memiliki bakat dan potensi melebihi kita ibarat peribahasa yang sudah umum digunakan "Don't Judge a Book by its Cover" alias Jangan menilai buku dari sampulnya saja.Karena penampilan hanyalah sebagai aspek penunjang saja, tetapi bakat dan potensi adalah hal yang terpenting sesungguhnya. Believe it !

0 komentar:

Posting Komentar

Shout Here !