Music of My Life part I

Senin, 12 Juli 2010

Semua orang di dunia ini pasti menyukai musik apapun jenisnya, dari mulai dangdut pantura sampai southern rock masing-masing mempunyai penggemar tersendiri, tapi lagu-lagu apa sajakah yang paling berkesan dalam hidup kamu? hehe... inilah isi dari playlist musik yang menjadi favorit saya

Lagu dengan lirik paling berkesan :

1. Alanis Morissette-Uninvited

Tidak diragukan lagi kemampuan cewek satu ini dalam hal menulis lirik, lihat saja contohnya pada lagu yang juga merupakan soundtrack dari film City of Angels ini, kata-katanya dipenuhi dengan berbagai kiasan yang (menurut saya) sangat meaningful, seperti pada bait berikut "must be strangely exciting to watch the stoic squirm" yang mana mendeskripsikan tentang malaikat yang sedang jatuh cinta (karena merupakan soundtranck dari film City of Angels) yang bercerita tentang kehidupan malaikat), atau ada juga kiasan lainnya yang bagus seperti ini : "Like any uncharted terrritory i must seem greetly intriguing/You speak of my love like You have experienced love like mine before". dengan nuansa musik baroque dan rock, lagu ini terasa begitu megah ketika didengar.

2. Brad Paisley-Online

Lagu ini merupakan lagu berirama country yang sangat lucu, karena liriknya menggambarkan tentang seseorang yang menjadi "orang lain" ketika dirinya memasuki dunia maya, seperti contohnya pada bait ini
" I work down at the Pizza Pit
And I drive an old Hyundai
I still live with my mom and dad
I'm 5 foot 3 and overweight"

ketika masuk bagian reff, liriknya seperti ini :
''Cause online I'm out in Hollywood
I'm 6 foot 5 and I look damn good
I drive a Maserati
I'm a black-belt in karate'"

sungguh penciptaan lagu yang sangat kreatif, apalagi bagi para onliners yang sering memalsukan data diri ketika online, pasti akan senyum-senyum sendiri atau bahkan merasa"tersindir" setelah mendengar lagu ini :D

3. Bjork-Oceania

Banyak orang berpendapat bahwa musik yang dibawakan oleh cewek eksentrik ini susah untuk dicerna. Mungkin ada benarnya juga, karena Bjork sering menulis lagu-lagu yang liriknya terkesan "berat" dan banyak orang tidak mengerti apa maksud dari lagu tersebut. Mungkin lagu ini adalah salah satunya. maksud dari lagu yang bisa saya tangkap disini ialah, dia mencoba menggambarkan "isi hati" dari lautan yang merupakan "ibu" bagi dunia ini. terlihat dari lirik ini : "One breath away from mother Oceanía/Your nimble feet make prints in my sands/You have done good for yourself/Since you left my wet embrace/And crawled ashore". ada juga lirik yang berhubungan dengan kehidupan laut seperti : "Hawks and sparrows race in my waters/
Stingrays are floating Across the sky". secara keseluruhan sih lagu ini menurut Wikipedia menggambarkan tentang evolusi manusia dari sudut pandang lautan (tema yang berat ya! hehe). Two thumbs up deh buat Bjork yang bisa menciptakan lagu dengan tema yang berbeda dan lirik yang unik!

4. John Lennon-Imagine

Pantas bila lagu ini disebut sebagai salah satu lagu terbaik yang pernah diciptakan, karena liriknya yang sederhana namun sangat sarat makna. contohnya saja pada lirik awal lagu ini ini :

"Imagine there's no Heaven/It's easy if you try/No hell below us/Above us only sky/Imagine all the people/Living for today." dan juga pada bagian berikut ini : "You may say that I'm a dreamer/But I'm not the only one/I hope someday you'll join us/And the world will be as one".

Inti dari lagu tersebut ialah bagaimana menciptakan dunia penuh kedamaian yang tidak hanya mimpi. dan jawabannya adalah kita semua harus bersatu untuk mewujudkan mimpi tersebut, sehingga terciptalah dunia penuh kedamaian seperti yang sering diimpikan. (begitu kira-kira menurut saya). dengan sentuhan piano yang lembut, lagu ini cocok sekali didengar dalam suasana yang tenang.

5. Queen-Bohemian Rhapsody

Lagu yang juga merupakan salah satu lagu terbaik di dunia yang diciptakan oleh Freddie Mercury pada pertengahan tahun 70-an, lirik dari lagu ini terkesan abstrak dan sulit untuk ditebak apa maksud dari lagunya. tapi banyak orang, termasuk saya berpendapat bahwa lagu ini menceritakan tentang seseorang yang dilanda keputusasaan, dapat kita lihat pada lirik berikut : "Mama, just killed a man, Put a gun against his head/Pulled my trigger, now he's dead/Mama, life had just begun/But now I've gone and thrown it all away/Mama, ooh, Didn't mean to make you cry/If I'm not back again this time tomorrow/carry on, carry on as if nothing really matters."dan "Too late, my time has come/Sends shivers down my spine, body's aching all the time/Goodbye, ev'rybody, I've got to go/Gotta leave you all behind and face the truth/Mama, ooh, I don't want to die/I sometimes wish I'd never been born at al." apapun arti dari lagu tersebut, yang pasti, lirik yang kuat serta pemasukan berbagai genre musik pada satu lagu membuat lagu ini layak disebut sebagai salah satu masterpiece dari seorang Freddie Mercury.

0 komentar:

Posting Komentar

Shout Here !