Music of My Life Part III

Kamis, 22 Juli 2010

Setelah postingan-postingan sebelumnya membahas tentang lagu dan lirik yang paling berkesan, kali ini saya akan menulis lagu-lagu yang paling bikin sedih, let’s check it out !

1. Eric Clapton-Tears in Heaven
Lagu ini benar-benar menyentuh hati, baik lirik maupun melodinya. Saya rasa siapapun yang mendengar lagu ini pasti akan hanyut akan suasana sedih yang ada pada lagu ini, begitu juga dengan saya, jika mendengar lagu ini ingin selalu saja ada perasaan sedih yang menyelimuti hingga membuat mata ini berkaca-kaca :p. Sepertinya Eric Clapton menciptakan lagu ini dengan sepenuh hati, bagaimana tidak, lagu ini memang dibuat sebagai suatu tribute bagi almarhum anaknya yang meninggal di usia yang masih sangat muda karena suatu kecelakaan, karena itulah liriknya sangat dalam. Overall, the emotional lyrics of this song are so awesome!

2. Air Supply-Goodbye
Sama seperti lagu diatas, lagu ini juga kental akan nuansa melankolis, namun bedanya lagu ini menceritakan tentang perpisahan tentang sepasang kekasih. Walaupun saya tidak mempunyai kekasih, namun tetap saja jika mendengar lagu ini seolah-olah terbawa suasana menjadi “orang” yang ditinggalkan tersebut hahaha… tapi tidak sampai berkaca-kaca seperti lagu diatas sih ?. lirik lagu ini juga terasa sangat pas dengan musiknya sehingga jika kamu mendengarkannya dalam keadaan mellow bisa-bisa banjir air mata tuh hehe..

3. Michael Jackson-Earth Song
Lagu yang sempat menjadi hits di tahun 90-an ini memang benar-benar menyayat hati dan benar-benar merepresentasikan bagaimana perasaan dari bumi yang kita tinggali ini jika selalu dirusak oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab seperti yang terlihat dalam videoklipnya mulai dari penebangan hutan, pemburuan hewan liar, hingga perang. Video klip memang daya tarik utama untuk membangun suasana sedih ketika mendengar lagu ini, apalagi ketika ada satu potongan adegan tentang pembantaian hewan di kutub (tapi tidak sampai diperlihatkan prosesnya karena langsung berpindah ke adegan lain), Saya benar-benar tak tega melihatnya ?. liriknya pun tidak kalah menyentuh, karena memang Michael Jackson ini terkenal sebagai salah satu penyanyi yang feel-nya selalu kita dapatkan ketika dia menyanyikan suatu lagu, apalagi lagu sedih seperti ini.

4. Eric Clapton-Wonderful Tonight
Hmm.. pasti kalian berpikir apa sedihnya lagu ini? memang ini bukan termasuk lagu seperti itu, namun entah mengapa setiap mendengar lagu ini lagi-lagi ada suatu rasa “sedih” yang mengiringi, mungkin karena beat-nya yang slow, ataupun melodinya yang terkesan seperti lagu sedih. Padahal lagu ini tidak ada unsur sedihnya sama sekali loh, liriknya saja bercerita tentang kekaguman seorang pria melihat wanitanya yang tampak wonderful sekali pada malam itu hehe… sebenarnya sih itu tergantung bagaimana kita sudut pandang kita dalam menginterpretasikan lagu ini,tetapi yang saya dapat interpretasikan pada lagu ini adalah lagu ini sedih karena melodinya yang begitu mendayu-dayu. That’s all!

5. The Pretenders-I’ll Stand by You
Lagu ini mungkin lagu yang "kadar sedihnya" tidak seberapa dibandingkan dengan lagu-lagu diatas, namun suara dari sang vokalis terdengar sangat menjiwai lagu tersebut apalagi ketika bagian ini :
And when.../When the night falls on you, baby/You're feeling all alone/You won't be on your own
terdengar menyayat hati sekali hahaha... lagu ini sempat menjadi hits pada tahun 1994, dan mungkin hanya satu-satunya lagu dari The Pretenders yang saya tahu, jadi tidak salah jika saya bilang bahwa lagu ini merupakan salah satu karya terbaik mereka :D

0 komentar:

Posting Komentar

Shout Here !